Sabtu, 06 Agustus 2011

Resensi Komik Islami: vbi_djenggotten - 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut

Belajar Hadis pun bisa sambil tersenyum



Judul: 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
Penulis: vbi_djenggotten
Ilustrator: vbi_djenggotten
Penerbit: Zaytuna (Ufuk Publishing House)
Tebal: 126 hlm
Harga: Rp29.000
Rilis: Mei 2011 (Cet. I)
ISBN: 9786029159004

Awalnya aku sempat melihat Kak Vera merekomendasi buku ini beberapa waktu silam, terus ketika ngebahas materi siaran untuk hari Minggu tanggal 7 Agustus nanti, buku ini kembali tersebut menjadi kandidat buku yang akan dibahas. Oke, jadinya aku menyempatkan diri ke tokbuk langganan buat mencomot buku ini, dan kayaknya lagi kena diskon...senangnya (gak tahu pasti sih, struk udah telanjur dibuang, hehehe).

Apakah urat tawaku sudah putus? Kok aku nggak nemu kocaknya nih buku sampe menjelang pertengahan, ya? Baru deh pas masuk cerita tentang 7 Golongan Dalam Naungan (hlm. 53) ke belakang, senyum-senyum kecil mulai berhamburan di bibirku. Seru juga.

Hmmm, tapi ke belakang, entahlah, aku mulai menemukan kembali kekurangsreganku pada buku ini. Banyak cerita yang dibuat seolah menyindir tokoh-tokoh (pemimpin asli) negeri ini. Bagus sih, ada sentilan-sentilun politik yang pas, tapi kok jadi kurang masuk bagi sebuah buku bermuatan agama yang pada bagian lain menceritakan seputar larangan mengolok-olok orang lain, jadinya yaaahhh.... agak sedikit kecewa...coba tokoh yang dihadirkan itu bukan tokoh nyata, tokoh rekaan saja, jadi nggak membuat pembaca bersuudzon pada si tokoh tersebut.

Aku pun tergelitik ketika pas waktu senggang baca di kantor, temen ngelihat buku ini tergeletak di meja, terus diambilnya, lalu dia bertanya, "Hadis-hadis Bukhari-Muslim itu semuanya shahih, nggak sih?" nahhh...gelagepan deh aku, iya ya, apakah semua hadis riwayat Bukhari-Muslim itu shahih? Kalo denger-denger ceramah sih yang paling banyak disitir ya hadis riwayat mereka, tapi apa benar semuanya shahih? Hmm, silakan di-googling sendiri yaaa.... Aku sih berharapnya, si pembuat bukunya hanya menampilkan hadis yang shahih saja, lebih oke lagi kalo di tiap hadis yang disitir diberikan keterangan derajat keshahihannya.

Overall, buku ini bagus. Sekalian di bulan Ramadhan, silakan dibaca buku ini. Bahkan si temen yang kuceritain tadi juga tertarik buat membacanya. Keren lah, congratz buat yang bikin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar